Kumpulan lagu² jawa

Rek ayo rek..

Rek ayo rek mlaku mlaku nang tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
cak ayo cak sopo gelem melu aku
cak ayo cak dolek kenalan cah ayu

reff:

ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto
masio mung senggal senggol ati lego
sopo ngerti nasib awak lagi mujur
kenal anak e sing dodol rujak cingur
jok dipikir angger podo gelem mlaku
jok dipikir angger podho gak duwe sangu
mangan tahu jok di campur nganggo timun
malam minggu jok podho di gawe nglamun

back to reff:

hehehehehe..
ok sekarang saya jelasin arti dari lagu itu sendiri ke dalam bahasa indonesianya,"rek ayo rek" itu artinya sama dengan kata mengajak teman2 kita,bisa laki bisa perempuan,"mlaku mlaku nang tunjungan"sama artinya dengan jalan jalan ke tunjungan(nama jalan di kota surabaya jalan tunjungan),"rame rame bebarengan" dalam arti jalan2 beramai ramai bareng bareng(berkelompok)"cak ayo cak sopo gelem melu aku"yg artinya mengajak teman dengan bahasa yg sopan(cak)untuk mengajak jalan jalan"dolek kenalan cah ayu"mencari kenalan cewek cantik.

"ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto"dalam arti keliling yah ke utara ke selatan sambil cuci mata"masio mung senggal senggol ati lego"meskipun cuma senggal senggol yg penting hati tuh merasa puas(puas dalam arti bahagia)"sopo ngerti nasib awak lagi mujur"siapa tau nasib kita lagi mujur"kenal anak e sing dodol rujak cingur"kenal sama anaknya orang yg jualan rujak cingur.

"jok dipikir angger podho gelem mlaku"artinya jangan pernah dipikirkan hanya cuma mau jalan,"jok dipikir angger podho gak duwe sangu"artinya nggak usah dipikirin kita gak punya uang "mangan tahu jok di campur nganggo timun"yg artinya makan tahu itu jangan di campur sama ketimun,"malam minggu jok podho digawe ngelamun"artinya malam minggu jangan cuma di buat melamun.
hemmmm,..mungkin kurang lengkap atau kurang bumbu,ntar saya lengkapi lagi kalo memang ada yg kurang.

Semanggi suroboyo

semanggi suroboyo
lontong balap wonokromo
di makan enak sekali
sayur semanggi krupuk puli bung beli

semanggi Suroboyo
lontong balap Wonokromo
dijual serta didukung
masuk kampung, keluar kampung
mari bung coba beli
........
harganya murah sekali
sepincuk hanya setali
sungguh memuaskan hati,
sayur smanggi
kangkung turi...
bung beli...

sedap benar bumbunya
dan enak rasanya
sayur smanggi
kangkung turi...
bung beli...

lirik lagu lainnya.

Suwe ora jamu

Suwe ora jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela
Suwe ora jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela


gundul pacul


Gundul gundul pacul cul gelelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan

Wakul ngglimpang segane dadi dak ratan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan

Pencipta / Pengarang Lagu dan Lirik : R.C. Hardjosubroto


Gambang suling

Gambang suling ngumandang swarane
Tulat tulit kepenak unine
Unine mung nrenyuh ake
Barengan lan kentrung ketipung suling
Sigrak kendangane

Karangan / Ciptaan : Ki Narto Sabdo

lir ilir

Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir
Tak ijo royo royo
Tak sengguh panganten anyar
Cah angon cah angon penekna blimbing kuwi
Lunyu lunyu penekna kanggo mbasuh dodotira
Dodotira dodotira kumintir bedah ing pinggir
Dondomana jrumatana kanggo seba mengko sore
Mumpung padang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Sun surak`a surak hiyo(horeeeeeee...!!)

sebenarnya sih masih banyak lagi yg mau di postingin,tapi untuk sementara ini aja dech dulu yang di postingin...

3 komentar:

  bagus_aja

1 Juli 2008 02.36

asal usul kenapa makanan itu di sebut lontong balap,karena yg jualan tuh pakai gerobak,terus dulu itu kalo jualan cepet²an laku,jadi mereka mendorong gerobak dengan semangat agar lontongnya cepet laku.jadi balap itu dalam arti semoga cepat laris.itu kata nenek saya dulu ceritanya.kalo emang ada usulan lain saya terima.

  Anonim

13 Januari 2009 22.01

ooo untuk lagu rek ayo rek nya, jadi bukan "ngalor ngidul ngetan ngulon ngumbah moto" ya? suwun...

  Aku

30 Maret 2009 14.20

ehehehehe
iya
yg sering saya dengerin tuh "ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto"
gitu klo gak salah..
:D