asal-usul kata jayus

asal usul kata jayus

jayus...???
apaan sih artinya...???
kalo gak tau mending gak usah di pakai deh
masalahnya kalo sampai kalian dah tau apa itu jayuz
pasti deh kalian gak akan memakai kata2 itu lagi..

JAYUS part I

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Langsung ke: navigasi, cari

Jayus adalah sebuah istilah slang dalam bahasa Indonesia digunakan untuk mengomentari lontaran yang dianggap tidak lucu. Kata ini mulai populer pada pertengahan 1990-an di sekolah-sekolah menengah swasta Jakarta. Umumnya dipercayai bahwa kata ini berasal dari nama seorang murid Kolese Gonzaga tempat istilah ini bermula, yaitu dari seorang bernama Jayusman yang terkenal dengan komentar-komentarnya yang dianggap aneh dan tidak lucu.

Berikut contoh penggunaan istilah Jayus: Jayus banget sih loe! "idih... jayus tahu..."

penasaran kan, gimana sih dunia jayus itu...

apa? nggak penasaran?

JAYUS part II

From: Nelvi Deswati
Subject: FW: Hati hati dalam berucap, APA SESUNGGUHNYA ARTI DARI "JAYUS" ?]


FYI- Ternyata kata-kata "JAYUS" yang selama ini sering diucapkan, artinya
"ORANG YANG MENCURI KAIN KAFAN DALAM KUBUR"

____________________________________________________

Assalamu'alaykum wr wb.


Soal penggunaan istilah "jayus" yg kmrn sempet ramai dibicarakan oleh
beberapa rekan disni -yg tak lain mau tak mau dapat dikatakan hanya sebagai
korban tren pergaulan-, saya kutip dari hadits Rosululloh SAW berikut ini :

Rosululloh saw bersabda :
"Ada 10 golongan dari umatku tidak masuk surga, kecuali mereka bertaubat.
Mereka itu adalah : Qala', JAYUS, Qattat, Dabub, Dayus, Shahibul Artabah,
Shahibul Khubah, 'Uthull, Zaniem dan Al 'Aq Liwalidaihi. Lalu para sahabat
bertanya apa arti yang 10 tersebut.

Rosululloh menjawab :
1. Qala', yaitu orang penjilat yang keluar-masuk rumah penguasa (pejabat
pemerintah).
2. JAYUS, ialah orang yang mencuri kain kafan dalam kubur.
3. Qattat, yaitu orang yang suka mengadu domba.
4. Dabub, yaitu orang yng mengelola perempuan-perempuan untuk pelacuran. 5.
Dayus, yaitu orang yang tidak cemburu terhadap istrinya.
6. Shahibul Arthabah, yaitu orang yang kerjanya memukul gendang.
7. Shahibul Khubah, yaitu orang yang kerjanya memukul genderang.
8. 'Uthul, ialah orang yang tidak mau memaafkan kesalahan orang lain. 9.
Zaniem, adalah anak zina dan suka nongkrong dipinggir jalan dan menggunjing
orang yang lewat.
10. Al 'Aq Liwalidaihi, semua kita sudah memakluminya, yaitu orang yang
melawan kepada kedua ibu dan bapaknya."

Nah, gmn? Hari gini masih jadi korban buta pergaulan? Jangan pernah ngaku
gaul kalo cuman ikut-ikutan.
Ntar kecele sama kata-kata yang ngerti ga artinya, baru tau rasa.
Keciaaann...deh lo!

Yuk ah yuk...sebarin arti kata Jayus ini dimulai dari orang-orang terdekat
kita. Apa tega melihat mereka saling mengejek dengan pengertian orang yang
mencuri kain kafan dalam kubur?

Gaul? Oke. Funky? Boleh. Smarty? So pasti!!

Sumber : Ucapan Bijak Orang-orang Besar di Dunia (Mahyuddin
Ibrahim)

nah udah tau kan...
masih mau pakai kata jayus...???
hehehehehe...

1 komentar:

  fahrul

28 Oktober 2009 01.46

Hmm begitu ya? saya baru tahu kata jayus berasa dari situ